kreteria ketuntasan minimal aqidah akhlak mts
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Madrasah :
MTs Miftahul Ulum Cangkring
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Nilai KKM :
KOMPETENSI INTI / POKOK BAHASAN
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN
KKM
|
Hasil KKM
dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Penguasaan Konsep
|
Penerapan
|
||
KI 1
(Sikap dan Spiritual)
|
||||||
1.1. Menghayati nilai-nilai Aqidah Islam
|
||||||
1.2. Meyakini sifat-sifat
wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah., sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT
|
||||||
1.3. Menghayati sifat
ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||
1.4. Menghayati adab Shalat dan dzikir
|
||||||
1.5. Menghayati kisah
keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya
|
||||||
KKM KI 1
|
||||||
Jumlah KI 1 ( 5 KD )
|
||||||
KI 2
(Sikap Sosial)
|
||||||
2.1 Menampilkan perilaku orang yang mengimani
aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
2.2 Menampilkan perilaku mengimani sifat-sifat Allah
|
||||||
2.3 Membiasakan perilaku
ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
2.4 Terbiasa menerapkan
adab Shalat dan dzikir
|
||||||
2.5 Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman
dan umatnya
|
||||||
KKM KI 2
|
||||||
Jumlah KI 2 ( 5 KD )
|
||||||
KI 3
(Pengetahuan)
|
||||||
AQIDAH ISLAM
|
||||||
3.1.
Memahami
dalil, dasar dan tujuan akidah Islam
|
||||||
3.1.1. Menjelaskan pengertian akidah Islam
3.1.2. Mengidentifikasi dalil tentang akidah Islam
3.1.3. Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
3.1.4.
Menjelaskan hubungan
unsur-unsur akidah Islam (iman,islam,dan ihsan)
|
||||||
SIFAT-SIFAT ALLAH DAN PEMBAGIANNYA
|
||||||
3.2. Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah
yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan
aqlinya, sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
|
||||||
3.2.1.
Menunjukkan
dalil tentang sifat wajib, mustahil
yang nafsiyah, salbiyah. ma’ani, dan maknawiyah serta sifat jaiz Allah
3.2.2.
Menjelaskan
pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani
dan maknawiyah
3.2.3.
Mengidentifikasi
sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani
dan maknawiyah
3.2.4.
Menjelaskan
pengertian sifat mustahil bagi Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah
3.2.5.
Mengidentifikasi
sifat mustahil Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah
3.2.6.
Menjelaskan
pengertian sifat jaiz bagi Allah
3.2.7.
Menyebutkan
sifat Jaiz bagi Allah
|
||||||
TAAT, IKHLAS, KHAUF, DAN TAUBAT
|
||||||
3.3. Memahami pengertian, contoh dan dampak
positif sifat ikhlas, taat, khauf dan taubat
|
||||||
3.3.1.
Menjelaskan
pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat
3.3.2.
Mengidentifikasi
dalil tentang ikhlas, taat, khauf, dan tobat
3.3.3.
Menunjukkan
contoh ikhlas, taat, khauf, dan tobat
3.3.4.
Menjelaskan
dampak positif ikhlas, taat, khauf, dan tobat
|
||||||
ADAB SHOLAT DAN DZIKIR
|
||||||
3.4. Memahami adab Shalat dan dzikir
|
||||||
3.4.1.
Menjelaskan
pengertian adab salat dan zikir
3.4.2.
Mengidentifikasikan
dalil tentang adab salat dan zikir
3.4.3.
Menjelaskan
tentang adab-adab salat dan zikir
3.4.4.
Menujukkan
hikmah perilaku orang yang melakukan adab-adab salat dan zikir yang benar
|
||||||
KETELADANAN NABI SULAIMAN
|
||||||
3.5. Menganalisiskisah keteladanan Nabi
Sulaiman dan umatnya
|
||||||
3.5.1. Menjelaskan contoh kisah keteladanan Nabi
Sulaiman a.s.
3.5.2. Menjelaskan hikmah yang bisa di ambil dari
kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s.
3.5.3. Menunjukkan contoh orang/tokoh yang
meneladani sifat Nabi Sulaiaman a.s.
|
||||||
KKM KI 3
|
||||||
Jumlah KI 3 ( 5 KD )
|
||||||
KI
4 (Keterampilan)
|
||||||
AQIDAH ISLAM
|
||||||
4.1. Menyajikan fakta dan
fenomena kebenaran aqidah Islam
|
||||||
4.1.1.
Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah
Islam.
|
||||||
SIFAT-SIFAT ALLAH DAN PEMBAGIANNYA
|
||||||
4.2. Menyajikan contoh
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib,
mustahil, dan jaiz Allah SWT
|
||||||
4.2.1.
Menunjukkan contoh fenomena-fenomena kehidupan
yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah Swt
|
||||||
TAAT, IKHLAS, KHAUF, DAN TAUBAT
|
||||||
4.3. Menceritakan kisah-kisah yang berkaitan
dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam
fenomena kehidupan.
|
||||||
4.3.1.
Menceritakan kisah/fenomena yang muncul berkaitan
dengan perilaku ikhlas,taat,khauf,dan tobat dalam kehidupan sehari-hari
4.3.2. Mencari kisah-kisah
yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan
tobat dalam fenomena kehidupan
|
||||||
ADAB SHOLAT DAN DZIKIR
|
||||||
4.4. Mensimulasikan adab Shalat dan dzikir
|
||||||
4.4.1.
Mempraktikkan adab salat dan zikir
|
||||||
KETELADANAN NABI SULAIMAN
|
||||||
4.5. Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya
|
||||||
4.5.1. Menyajikan cuplikan kisah-kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s.
|
||||||
KKM KI 4
|
||||||
Jumlah KI 4 ( 5 KD )
|
||||||
RATA-RATA
|
||||||
RATA-RATA KESELURUHAN
|
Mengetahui, Bondowoso,
Kepala MTs Miftahul Ulum Guru
Mata Pelajaran
WAHYUDI,S.Pd.I WAHYUDI,
S.Pd.Ii
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Madrasah :
MTs Miftahul Ulum Cangkring
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 2
Nilai KKM :
KOMPETENSI INTI / POKOK BAHASAN
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
KRITERIA
PENENTUAN
KKM
|
Hasil KKM
dalam Aspek
|
KKM %
|
|||
Kompleksitas
|
Daya
Dukung
|
Intake
Siswa
|
Penguasaan Konsep
|
Penerapan
|
||
KI 1
(Sikap dan Spiritual)
|
||||||
1.1. Meyakinisifat-sifat Allah SWT melalui al-asmaa' al-husna (al-‘Aziiz,
al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl,
al-Qayyuum)
|
||||||
1.2. Meyakini adanya
malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan
setan dalam fenomena kehidupan
|
||||||
1.3. Menolak akhlak tercela
riya’ dan nifaq
|
||||||
1.4. Menghayati adab membaca
Al Qur’an dan adab berdoa
|
||||||
1.5. Menghayati keteladanan
Ashabul Kahfi
|
||||||
KKM KI 1
|
||||||
Jumlah KI 1 ( 5 KD )
|
||||||
KI 2
(Sikap Sosial)
|
||||||
2.1. Meneladani sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam al-asmaa' al-husna (al-‘Aziiz,
al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl,
al-Qayyuum)
|
||||||
2.2. Memiliki perilaku beriman kepada malaikat
Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena
kehidupan
|
||||||
2.3. Membiasakan diri menghindari akhlak
tercela riya’ dan nifaq
|
||||||
2.4. Terbiasa menerapkan adab membaca Al
Qur’an dan adab berdoa
|
||||||
2.5. Menghayati kisah keteladanan Ashabul
Kahfi
|
||||||
KKM KI 2
|
||||||
Jumlah KI 2 ( 5 KD )
|
||||||
KI 3
(Pengetahuan)
|
||||||
ASMAUL HUSNA
|
||||||
3.1. Menguraikan al-asmaa’
al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr,
al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
|
||||||
3.1.1 Menyebutkan 9 nama
asmaul Husna
3.1.2 Menjelaskan arti dari
masing-masing asmaul Husna
3.1.3 Menunjukkan dalil naqli
dan aqli tentang masing-masing sub asmaul Husna
|
||||||
BERIMAN KEPADA MALAIKAT DAN MAKHLUK GAIB
LAIN SELAIN MALAIKAT
|
||||||
3.2. Mendeskripsikan tugas
dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis,
dan setan
|
||||||
3.2.1 Menjelaskan tentang
tugas dan sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya
|
||||||
RIYA’ DAN NIFAQ
|
||||||
3.3. Memahami akhlak tercela
riya’ dan nifaq
|
||||||
3.3.1 Menjelaskan pengertian akhlak riya
3.3.2 Menjelaskan pengertian nifaq
3.3.3 Mengidentifikasi akhlak tercela riya’ dan
nifaq
|
||||||
ADAB MEMBACA
AL-QUR’AN DAN BERDOA
|
||||||
3.4. Memahami adab membaca
Al Qur’an dan adab berdoa
|
||||||
3.4.1 Menjelaskan tata cara adab membaca al-Qur’an
3.4.2 Menjelaskan tata cara adab berdoa yang
dianjurkan
|
||||||
KETELADANAN ASHABUL
KAHFI
|
||||||
3.5. Menganalisis kisah
keteladanan Ashabul Kahfi
|
||||||
3.5.1 Menjelaskan kisah Ashabul Kahfi
3.5.2 Memberikan contoh tentang tauladan dari
kisah Ashabul Kahfi
|
||||||
KKM KI 3
|
||||||
Jumlah KI 3 ( 5 KD )
|
||||||
KI
4 (Keterampilan)
|
||||||
ASMAUL HUSNA
|
||||||
4.1. Menyajikan fakta dan
fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmaa’
al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf,
al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
|
||||||
4.1.1. Menjelaskan
berbagai manfaat perilaku yang merupakan contoh perbuatan meneladani asmaul husna tertentu.
4.1.2 Menyajikan fenomena, fakta atau bercerita
tentang peristiwa, fenomena atau
kejadian yang menunjuk pada ilustrasi sub asmaul Husna.
|
||||||
BERIMAN KEPADA
MALAIKAT DAN MAKHLUK GAIB LAIN SELAIN MALAIKAT
|
||||||
4.2. Menyajikan kisah-kisah
dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib
lain selain malaikat
|
||||||
4.2.1.
Menceritakan kisah-kisah tentang tugas dan sifat malaikat Allah serta
makhluk gaib lainnya
|
||||||
RIYA’ DAN NIFAQ
|
||||||
4.3. Mensimulasikan contoh
perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
4.3.1.
Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam
kehidupan sehari-hari
|
||||||
ADAB MEMBACA AL-QUR’AN DAN BERDOA
|
||||||
4.4. Mendemonstrasikan adab
membaca Al Qur’an dan adab berdoa
|
||||||
4.4.1.
Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa
|
||||||
KETELADANAN ASHABUL KAHFI
|
||||||
4.5. Menceritakan kisah
keteladanan Ashabul Kahfi
|
||||||
4.5.1.
Menceritakan secara runtut tentang kisah Ashabul kahfi
|
||||||
KKM KI 4
|
||||||
Jumlah KI 4 ( 5 KD )
|
||||||
RATA-RATA
|
||||||
RATA-RATA KESELURUHAN
|
Mengetahui, Bondowoso,
Kepala MTs Miftahul Ulum Guru
Mata Pelajaran
WAHYUDI,S.Pd.I WAHYUDI,
S.Pd.Ii
Komentar
Posting Komentar