pemetaan kompetensi dasar
PEMETAAN KOMPETENSI
DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VII SMT 1
Pekan Efektif 1 semester: …………… pekan
1 Pekan = 2 JP
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Pekan
|
JP
|
1
|
Akidah
Memahami dasar dan tujuan
akidah Islam
|
1.1. Menjelaskan dasar dan
tujuan akidah Islam
|
2 jp
|
|
1.2.
Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam
|
2 jp
|
|||
1.3. Menjelaskan hubungan
Iman, Islam, dan Ihsan
|
2 jp
|
|||
1.4. Menunjukkan dalil
tentang Iman, Islam, dan Ihsan
|
2jp
|
|||
2
|
Meningkatkan keimanankepada
Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
|
2.1
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
|
4 jp
|
|
2.2
Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat
wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.
|
4 jp
|
|||
2.3
Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
|
2 jp
|
|||
2.4
Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada
sifat-sifat wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||
3
|
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji
kepada Allah
|
3.1 Menjelaskan pengertian
dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
|
6 jp
|
|
3.2 Mengidentifikasi bentuk
dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
|
||||
3.3 Menunjukkan nilai-nilai
positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena
kehidupan
|
6 jp
|
|||
3.4
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam
kehidupan sehari-hari
|
4jp
|
|||
Jumlah
|
..... pekan
|
34 jp
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
( Wahyudi, S.Pd.I )
|
Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak
( ……………………………….. )
|
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VII SMT 2
Pekan Efektif 2 semester: …………….. pekan
1 Pekan = 2 JP
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Pekan
|
JP
|
4
|
Akidah
Memahami al-asma'
al-husna
|
4.1.
Menguraikan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz,
al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar,
al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
|
||
4.2.
Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah
melalui pemahaman terhadap 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz,
al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar,
al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
|
||||
4.3.
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma'
al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf,
al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
|
||||
4.4.
Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma'
al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf,
al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan
sehari-hari
|
||||
5
|
Meningkatkan
keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat
|
5.1
Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah SWT dan
makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
|
||
5.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan
makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
|
||||
5.3
Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta
makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
|
||||
5.4
Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan
makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
|
||||
6
|
Akhlak
Menghindari akhlak tercela
kepada Allah
|
6.1
Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq
|
||
6.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya'
dan nifaaq
|
||||
6.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya'
dan nifaaq dalam fenomena
kehidupan
|
||||
6.4
Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya'
dan nifaaq dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
Jumlah
|
……. pekan
|
….. jp
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
( Wahyudi, S.Pd.I )
|
Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak
( ……………………………….. )
|
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VIII SMT 1
Pekan Efektif 1 semester:
..... pekan
1 Pekan = .... JP
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Pekan
|
JP
|
1
|
Akidah
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah
SWT
|
1.1
Menjelaskan
pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
|
||
1.2
Menunjukkan
bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT
|
||||
1.3
Menjelaskan
macam-macam, fungsi, dan isi kitab Allah SWT
|
||||
1.4 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
beriman kepada kitab Allah SWT
|
||||
2
|
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
|
2.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyaar, shabar,
syukuur dan qana’ah
|
||
2.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal,
ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah
|
||||
2.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyaar, shabar,
syukuur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
|
||||
2.4
Menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan
|
||||
3
|
Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri
|
3.1
Menjelaskan
pengertian ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur
|
||
3.2
Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadab,
tamak dan takabur
|
||||
3.3
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadab,
tamak, dan takabur
|
||||
3.4
Membiasakan
diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadab, tamak,
dan takabur
|
||||
Jumlah
|
..... pekan
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
( Wahyudi, S.Pd.I )
|
Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak
( ……………………………….. )
|
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VIII SMT 2
Pekan Efektif 2 semester:
..... pekan
...... Pekan = ...... JP
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Pekan
|
JP
|
4
|
Akidah
Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
|
4.1.
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT
|
||
4.2.
Menunjukkan
bukti/dalil kebenaran adanya Rasul Allah SWT
|
||||
4.3.
Menguraikan
sifat-sifat Rasul Allah SWT
|
||||
4.4.
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah dan mencintai Nabi
Muhammad SAW dalam kehidupan
|
||||
5
|
Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa
lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
|
5.1.
Menjelaskan
pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan
irhash
|
||
5.2.
Menunjukkan
hikmah adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah,
dan irhash) bagi Rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah
|
||||
6
|
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama
|
6.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh
|
||
6.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh
perilaku husnuzh tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
|
||||
6.3
Menunjukkan
nilai positif dari husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
dalam fenomena kehidupan
|
||||
6.4
Membiasakan perilaku husnuzh, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun
dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
7
|
Menghindari akhlak tercela kepada
sesama
|
7.1
Menjelaskan
pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah
|
||
7.2
Mengidentifikasi
bentuk perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
|
||||
7.3
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah,
fitnah dan namiimah
|
||||
7.4
Membiasakan
diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
Jumlah
|
..... pekan
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
( Wahyudi, S.Pd.I )
|
Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak
( ……………………………….. )
|
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS IX SMT 1
Pekan Efektif 1 semester:
..... pekan
1 Pekan = .... JP
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Pekan
|
JP
|
1
|
Akidah
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan
dengan hari akhir
|
1.1
Menjelaskan
pengertian beriman kepada hari akhir
|
||
1.2
Menunjukkan
bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir
|
||||
1.3
Menjelaskan
berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir
|
||||
1.4
Menjelaskan
macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir
|
||||
1.5
Menampilkan perilaku yang mencerminkan
keimanan terhadap hari akhir
|
||||
2
|
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
|
2.1.
Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif,
dan produktif
|
||
2.2.
Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan
produktif
|
||||
2.3.
Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan
produktif dalam fenomena kehidupan
|
||||
2.4.
Membiasakan
perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan
sehari-hari
|
||||
Jumlah
|
..... pekan
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
( Wahyudi, S.Pd.I )
|
Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak
( ……………………………….. )
|
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS IX SMT 2
Pekan Efektif 2 semester:
..... pekan
...... Pekan = ...... JP
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Pekan
|
JP
|
3
|
Akidah
Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar
|
3.1
Menjelaskan
pengertian beriman kepada Qada dan Qadar
|
||
3.2
Menunjukkan
bukti/dalil kebenaran akan adanya Qada dan Qadar
|
||||
3.3
Menjelaskan
berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar
|
||||
3.4
Menunjukkan
ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qada dan Qadar Allah.
|
||||
3.5
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Qada dan Qadar Allah
|
||||
4
|
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
4.1.
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
||
4.2.
Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
||||
4.3.
Menunjukkan
nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan
akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
|
||||
4.4.
Menampilkan
perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||
Jumlah
|
..... pekan
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
( Wahyudi, S.Pd.I )
|
Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak
( ……………………………….. )
|
Komentar
Posting Komentar